13 February 2013

Paragraf Narasi dan Contohnya

Paragraf Narasi yaitu paragraf yang menceritakan atau mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu.

Contoh Paragraf Narasi

KERANGKA PARAGRAF
Judul : Pengukuhan Anggota Paskibra 2009 di SMAN 4 KENDARI



1. Waktu Pelaksanaan
- waktu dan lama pelaksanaan
2. Tempat pelaksanaan
- Lokasi Pelaksanaan
3. Konsep Acara
- Tujuan kegiatan
- peserta
4. Pelaksanaan kegiatan
- Latihan bersama
- kegiatan inti
- Renungan
5. Kegiatan Lain
- Penutup


Pengembangan Karangan


Judul : Pengukuhan Anggota Paskibra 2009 di SMAN 4 KENDARI


Ekstrakulikuler pertama yang saya ikuti adalah paskibraka sekolah, setelah kurang lebih latihan baris berbaris selama sebulan saya mengikuti kegiatan pengukuhan anggota paskibra yang dilaksanakan tanggal 16 agustus 2009, yang berlangsung selama sehari di SMAN 4 Kendari. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan wajib bagi anggota Paskibra, kegiatan ini di adakan untuk mengukuhkan anggota baru. Kegiatan ini di laksanakan oleh siswa dan siswi anggota paskibra serta beberapa alumni paskibra.


Pada sore hari, kami latihan bersama untuk gladi bersih. Kami di latih oleh alumni dan siswa kelas XI & XII. Malam harinya, pukul 01.00 kami melaksanakan kegiatan inti, yaitu kegiatan pengukuhan. Dalam ekgiatan ini kami di ajari untuk lebih mencintai bendera dan tanah air Indonesia. kami di gembleng oleh panitia, setelah itu kami melaksanakan kegiatan renungan yang di bawakan oleh salah seorang panitia, renungan dilaksanakan diluar ruangan dan dalam keadaan mata tertutup. Selanjutnya, kami di berikan waktu untuk beristirahat, dan kemudian bersiap-siap untuk pengibaran bendera tanggal 17 agustus.


Dengan Mengikuti kegiatan ini saya mendapat banyak manfaat, yaitu saya dapat mengerti tentang baris berbaris, menambah wawasan, mendapat banyak teman, dan lebih mencintai dan menghargai tanah air Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang sesuai dengan isi postingan.. No SPAM, No SARA.