30 October 2011

Cara membuat Laporan


Saat ini kita hampir selalu di tuntut untuk membuat laporan, baik di kantor maupun di sekolah. Nah di bawah ini akan membahasan mengenai laporan.
Pengertian Laporan
Laporan adalah suatu tulisan yang berisi informasi faktual atau benar-benar terjadi tentang suatu kegiatan, yang akan di sampaikan kepada pihak lain sebagai pertanggungjawaban.
Macam Laporan Kegiatan
  1. Berdasarkan cara penyampaian :
1)       Laporan lisan, yaitu laporan yang disampaikan secara lisan, biasanya dilakukan untuk menyampaikan hal-hal yang perlu segera disampaikan.


2)       Laporan tertulis, yaitu laporan yang disampaikan secara lengkap dalam bentuk tulisan.
2.     Berdasarkan bahasa yang digunakan :
1)       Laporan yang ditulis secara populer, yang menggunakan kata-kata sederhana.
2)       Laporan yang ditulis secara ilmiah, sebagai hasil penelitian. Biasanya isinya sistimatis dan logis.
3.     Berdasarkan isinya :
1)       Laporan perjalanan, misalnya laporan wisata, penjelejahan, kunjungan dan sebagainya.
2)       Laporan kegiatan, misalnya pelaksanaan penelitian, rapat, pelaksanaan try out, dan sebagainya.
3)       Laporan keuangan, menyangkut masalah penerimaan dan pengeluaran dana.
Sistematika Laporan
Isi laporan sebaiknya disajikan secara sistematis, agar laporan dapat dengan mudah di pahami. Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut :
1. Pendahuluan
  1. Latar belakang kegiatan.
  2. Dasar hukum kegiatan.
  3. Apa maksud dan tujuan kegiatan.
  4. Ruang lingkup isi laporan.
2. Isi Laporan
  1. Jenis kegiatan.
  2. Tempat dan waktu kegiatan.
  3. Pelaksana kegiatan.
  4. Persiapan dan rencana kegiatan.
  5. Peserta kegiatan.
  6. Pelaksanaan kegiatan
  7. Kesulitan dan hambatan.
  8. Hasil kegiatan.
  9. Kesimpulan dan saran untuk penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan dan permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan.
4. Lampiran
Dalam laporan dapat dilampirkan : photo-photo kegiatan, tanda bukti, surat-surat keterangan dan sebagainya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan
Laporan diusahakan agar :
  1. Runtut atau sistematis.
  2. Isinya lengkap.
  3. Singkat dan padat.
  4. Sesuai pada fakta, data dan persoalannya.
  5. Mudah dipahami isinya.
  6. Menarik penyajiannya.
  7. Tepat pada waktunya.


No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang sesuai dengan isi postingan.. No SPAM, No SARA.