Berdasarkan
cirinya, nilai sosial dapat di bedakan menjadi dua macam, yakni nilai dominan
dan nilai yang mendarah daging.
- nilai dominan adalah nilai yang di anggap lebih penting di bandingkan nilai lainnya. Ukuran dominan atau tidaknya suatu nilai di dasarkan pada hal-hal berikut.
- Banyaknya orang yang menganut nilai
tersebut
Contoh
: sebagian besar masyarakat menghendaki perubahan ke arah perbaikan (reformasi)
di segala bidang kehidupan, seperti politik, hokum, ekonomi, dan sosial.
- berapa lama nilai itu di anut atau di
gunakan
contoh
: keadilan selalu di perjuangkan oleh seluruh masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan
hingga saat ini.
- tinggi rendahnya usaha orang untuk
memberlakukan nilai tersebut
contoh
: menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat islam. Oleh karena
itu, umat Islam selalu berusaha untuk dapat melaksanakannya.
- Prestise/kebanggaan
orang-orang yang menggunakan nilai di masyarakat
Contoh : memiliki mobil atau barang yang
bermerek terkenal dapat memberikan kebanggaan/prestise tersendiri.
- nilai
yang mendarah daging (internalized
value) adalah nilai yang telah menjadi kepribadian dan kebiasaan
sehingga ketika seseorang melakukannya kadang tidak melalui proses
berpikir atau pertimbangan lagi, melainkan secara tidak sadar. Biasanya
nilai ini tersosialisasikan sejak seseorang masih kecil dan apabila ia
tidak melakukannya ia akan merasa malu bahkan dapat merasa bersalah.
Contoh : guru yang melihat siswanya gagal
dalam ujian kenaikan kelas akan merasa gagal mendidiknya.
Ada dua macam nilai, yaitu
nilai material dan nilai immaterial. Sifat nilai material dapat terwujud, dapat
dilihat, dan di raba, contohnya karya seni, rumah, alat-alat elektronik, dll.
Sementara itu, sifat nilai immaterial tidak berwujud dan tidak dapat di raba,
menggunakan nurani dan juga indera, akal, perasaan, kehendak, dan keyakinan.
namun dapat di rasakan seperti ide, gagasan, dan politik.
Dalam pengalaman manusia,
kedua nilai tersebut saling berhubungan. Nilai immaterial yang menjadi landasan
berpikir dari suatu tindakan akan menghasilkan sesuatu yang konkret (nilai
meterial). Artinya, nilai material merupakan perwujudan dari nilai immaterial.
Nilai Immaterial : Ajaran/ideologi,
gagasan, religi
Membentuk
:
-
kepribadian
-
tingkah laku
-
martabat
-
intelektual
Nilai Material : Kegunaan dan
kenikmatan
Menghasilkan
:
-
sesuatu yang dapat digunakan dan di nikmati oleh panca
indera
No comments:
Post a Comment
Berikanlah komentar yang sesuai dengan isi postingan.. No SPAM, No SARA.