28 January 2014

Pola Hidup Sehat di Usia Muda, Masa Tua Menyenangkan

Pola Hidup Sehat di Usia Muda, Masa Tua Menyenangkan. Banyak remaja saat ini yang hanya menghabiskan hidupnya dengan bersenang-senang tanpa peduli akan kesehatannya. rasa miris yang saya rasakan begitu besar ketika melihat mereka merokok, mentatto dan menindik beberapa anggota tubuhnya, minum alkohol, begadang, bahkan menggunakan obat-obatan terlarang, mereka menyia-nyiakan kesehatan yang diberikan oleh Tuhan, mereka seperti tidak pernah berpikir bahwa Tuhan telah menitipkan tubuh yang indah dan sehat untuk dijaga dan dipelihara kesehatannya.

Coba pikir dan renungkanlah...
Kesehatan adalah harta yang paling berharga di dunia ini. bersyukurlah bagi orang yang dikaruniai tubuh yang sehat oleh Allah karena tidak semua manusia di muka bumi ini dapat menikmati tubuh yang sehat. Lihatlah mereka yang terserang kanker diusia lanjut bahkan ada juga yang di usia muda, lihatlah meraka yang lahir dengan kondisi abnormal, lihatlah mereka yang memiliki penyakit bawaan sejak lahir, lihatlah mereka yang ... aah terlalu banyak yang tidak seberuntung kita... mereka yang diberikan cobaat sakit oleh Yang Maha Kuasa sebagian mungkin tidak dapat menjalani hidup dan aktivitas layaknya orang yang sehat. 
Obat, suntik, dokter, suster, operasi, oksigen, infus, ..., mungkin begitu akrab dengan mereka... mereka juga tidak pernah berharap kondisi mereka seperti itu, tapi itulah
keputusan Allah SWT, karena segala kejadian yang terjadi muka bumi ini merupakan kehendak Allah dan telah diatur olehNya. yang perlu kita yakini adalah semua yang terjadi pasti ada hikmahnya yang membawa kita menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Semoga mereka yang sedang tidak sehat saat ini, diberikan kemudahan, keringanan, kesembuhan agar dapat menjalani hidup dengan lebih baik lagi... Amin...

Tidak peduli akan kesehatan = tidak mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Kalian mungkin sering mendengar dan melihat dengan para pasien yang sedang mondar-mandir di Puskesmas atau RS untuk mengusahakan kesehatanya kembali, ada yang dapat kembali sehat tapi ada pula yang tidak dapat kembali secara normal bahkan ada yang tidak terselamatkan. tidakkah pernah kalian merenungkan hal ini, bahwa betapa susahnya mendapatkan kesehatan itu kembali? tidakkah kalian dapat membedakan antara kenikmatan bagi yang sehat dan yang sakit? yang sehat bebas melakukan apapun, tapi lihatlah mereka yang sakit... ini itu dilarang, makan minum pun diatur, obat jadi menu utama... Astagfirullah.... perbanyaklah beristigfar dan bersyukur.

"Apa yang kita tanam di usia muda, akan kita tuai saat tua nanti"
Sebagian besar remaja saat ini berpikir bahwa yang terjadi saat tua nanti ya itu urusan nanti, yang perting adalah bagaimana bersenang2 dan menikmati hidup saat ini... dan cara menikmati hidup ala remaja adalah dengan bergaul bebas, merokok, minum alkohol, begadang, dan lain-lain... dan tidak munafik bahwa saya pun pernah berpikiran seperti ini.
(tapi hanya sebatas berpikir loh yaa,,, alhamdulillah ndak sampe aplikasi... :D ).
Tentu saja pemikiran seperti SALAH BESAR.. Kenapa?
Apa yang kalian lakukan saat ini, cepat atau lambat akan berdampak pada tubuh. Buktinya? Awalnya usia risiko kanker paru adalah usia 40 tahun keatas, tapi saat ini karena sudah munculnya perokok usia SMP/SMA, maka usia risiko kanker paru menjadi semakin muda, sehingga kanker paru semakin ganas dan peluang hidupnya kecil. Bahkan pasien kanker paru yang termuda adalah usia 19 tahun. 

Tahukah anda bahwa dewasa ini telah terjadi pergeseran pola penyakit?
Dewasa ini, pergeseran pola penyakit terus terjadi. Penyakit-penyakit
degeneratif seperti kardivaskuler, hipertensi, dan diabetes melitus menjadi
penyebab utama kematian di negara-negara maju maupun negara berkembang.
Penyakit ini sangat terkait dengan pola perilaku termasuk pola makan. Penyakit degeneratif dapat menyerang siapa saja dan usia berapapun.

Jika banyak yang berpikir bahwa sakit merupakan takdir Allah. Ya, memang semua yang terjadi didunia ini merupakan kehendak Allah SWT, tapi bukan berarti kita hanya berpasrah dan berdiam diri, kalau sakit itu sudah takdir maka kita tidak perlu mandi, makan, minum, tidur, sikat gigi, hehehe SALAH dong... walaupun semua yang terjadi itu kehendakNya tapi kita tidak boleh berpasrah dengan semuanya... selagi kita masih mampu mencegahnya kenapa tidak? Menerapkan pola hidup sehat sejak usia muda sangat baik, hindari begadang, merokok, alkohol, obat2an terlarang, dan melakukan gaya hidup sehat, insyaallah saat ini dan tua nanti akan menyenangkan.. amin...
Tanamkanlah dipikiran anda bahwa dengan menerapkan Pola Hidup Sehat di Usia Muda, insyaallah Masa Tua Menyenangkan... ^^

No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar yang sesuai dengan isi postingan.. No SPAM, No SARA.