10 January 2014

GENERASI MUDA INDONESIA MENJAWAB TANTANGAN MASA DEPAN


“Jika ingin mengetahui perjalanan hidup suatu bangsa ke depan, maka lihatlah generasi mudanya”. Generasi muda menjadi penentu bagaimana keadaan suatu bangsa dimasa depan, hal ini dikarenakan generasi muda merupakan generasi penerus yang akan mengambil alih seluruh aspek kehidupan bangsa itu sendiri. Kualitas generasi muda tentu saja akan menjadi faktor yang sangat menentukan bagi eksistensi masa depan bangsa yang hebat, demikian pula sebaliknya akan menjadi masalah serius bagi perjalanan kehidupan bangsa itu dimasa depan jika kualitas generasi mudanya rendah. Generasi muda memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

Dalam catatan sejarah perjalanan kehidupan bangsa Indonesia, terdapat banyak torehan dengan tinta emas tentang peran strategis generasi muda Indonesia. Kita semua mengakui, bila cikal bakal pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia diwalai dan dimotori oleh para pemuda Indonesia. Deklarasi Sumpah Pemuda menjadi awal peran pemuda dalam menggerakkan seluruh potensi bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Perjuangan itu mencapai puncaknya dengan pernyataan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945.

Seiring dengan perjalanan waktu, kehidupan kebangsaan Indonesia secara pasti mulai bersentuhan dengan globalisasi kehidupan modern. Yang tentu saja akan berdampak secara positif terhadap perkembangan kehidupan bangsa Indonesia dan juga berdampak secara negatif bila perkembangan kehidupan modern ini tidak disikapi secara bijaksana oleh seluruh generasi muda bangsa. Globalisasi sebenarnya dapat memberikan dampak yang sangat baik terhadap perkembangan kehidupan suatu bangsa, namun yang perlu dan wajib mendapat perhatian adalah jati diri bangsa itu sendiri yang merupakan karakter bangsa yang tidak boleh ditinggalkan oleh generasi muda bangsa itu. Generasi muda Indonesia perlu menanamkan sikap nasionalisme yang kuat dan harus diiringi sikap kepedulian kepada seluruh umat manusia, selain itu dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda dituntut memiliki wawasan yang luas dan mampu berpikir secara kreatif dan inovatif. 

Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah, namun hal ini tidak akan memberikan dampak positif terhadap masyarakatnya, jika bangsa Indonesia tidak memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini telah dibuktikan bahwa dimata dunia masyarakat Indonesia adalah hanya sebagai konsumen, hal ini dilihat dimanfaatkan oleh sejumlah pihak Negara-negara produsen, dan menjadikan Indonesia sebagai pasar yang luar biasa bagi produk mereka. Generasi muda Indonesia, harus melihat ini sebagai suatu tantangan yang harus diselesaikan, generasi muda Indonesia harus berpikir secara kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang telah dianugrahkan Tuhan sebagai kelebihan Indonesia, agar kedepannya Indonesia tidak hanya sebagai konsumen tapi juga sebagai produsen yang sukses.

15 comments:

  1. Keren bro tulisannya. Sangat Inspiratif!

    baca dan komentarin juga punyaku: http://www.netomaniak.com/2014/01/Generasi-Muda-Menjawab-Tantangan-Masa-Depan.html

    ReplyDelete
  2. sangat memotifasi nih tulisannya..
    kunjungan perdana nih...

    http://lzmodern.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. sip mbak semoga sukses
    inunsensei.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Bagus Mbak Kata" nya memotifasi setiap pemuad indonesia :')

    ReplyDelete
  5. sipp, saya terinspirasi dan termotivati untuk terus maju dengan bacaan ini

    ReplyDelete
  6. keren semangat muda, mungalir di darah generasi ini, garuda muda tetap mengepakkan sayapnya :D

    ReplyDelete
  7. Bagus kata-katanya :D
    visit back http://pandanymous.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Geniuss haha

    Blog walking - www.duniabil.com -

    ReplyDelete

Berikanlah komentar yang sesuai dengan isi postingan.. No SPAM, No SARA.